Sabtu, 14 Mei 2011

SEMUA TENTANG KOMUNIKASI PEMASARAN

Oleh : Putri Emilia Kusumaningrum/10311338/Manajemen B


1.) Konsep Dasar
Tidak hanya mengemas produk secara apik agar para konsumen menjadi tertarik namun lebih kepada komunikasi yang dibangun oelh perusahaan untuk menjalin suatu hubungan yang efektif sehingga menimbulkan suatu dampak positif bagi para konsumen,pemasok,pengecer dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

2.) Arti Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses menciptakan suatu kesamaan antara kedua belah pihak yaitu dipemberi respon dan yang menerima respon tersebut sehingga tidak salah persepsi atau sudut pandang.

3.) Pengertian Komunikasi Pemasaran
Proses penyebaran informasi tentang suatu perusahaan dan produk-produk apa saja yang ditawarkannya kepada masyarakat.Komunikasi penting disampaikan kepada konsumen untuk meberitahu hal-hal sebagai berikut :
• Tersedianya suatu penawaran (offering)
• Benefit unik dari penawaran tersebut
• Di mana dan kapan dapat diperoleh dan digunakan penawaran di atas.


4.) Tujuan Komunikasi Pemasaran
• Membangkitkan keinginan atas suatu kategori produk
• Brand Awarness
• Intention
• Mefasilitasi pembelian

5.) Bauran Komunikasi Pemasaran
Maksudnya adalah program komunikasi pemasaran total perusahaan yang terdiri atas iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang dipergunakan perusahaan untuk mencapai tujuan penyebaran informasi tentang perusahaan dan apa yang hendak ditawarkannya kepada pasar(market). Ketika suatu perusahaan merancang strategi komunikasi maka tugas pemasar adalah membuka wawasannya agar berfikir dalam kerangka komunikasi pemasaran terpadu, yitu memanfaatkan beragam eleman bauran komunikasi yang berbeda-beda agar terciptanya keterkaitan(koheren) yang saling mendukung.Kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pemasaran saat ini mengakibatkan komunikasi perusahaan tidak lagi terbatas,gaya(style) dan harga produk, bentuk dan warna kemasan,tata cara dan busana para pramuniaga,dekorasi ruangan,alat tulis kantor semuanya mengkomunikasikan suatu hal tertentu kepada pelanggan.

6.) Tiga media iklan yang pantas diberi catatan khusus
• Advertorial adalah iklan cetak yang memuat teks editorial.
• Infomersial adalah sebuah iklan tv berdurasi 30 menit yang mengupas atau menawarkan sebuah produk. Pemirsa dapat langsung memesan dengan menelpon sehingga dampak dari infomersial langsung dapat diukur.
• Banner adalah tanda kecil di halaman Web yang menyajikan iklan produk atau perusahaan dengan cara mengklik banner tersebut.

7.) Hambatan Komunikasi
• Hambatan pada Sumber
- Biasanya pada sumber-sumber umum berupa perumusan tujuan yang kurang jelas. Hal ini sering terjadi karena kurangnya fokus terhadap benefit produk. Kegagalan pada tahap ini bisa berdampak pada perumusan pesan iklan yang tak jelas kaitannya dengan kebutuhan konsumen.
• Hambatan dalam Proses Encoding
- Hal ini misalnya pada copy writer dan perancang iklan yang lebih terobsesi membuat iklan yang original ketimbang fokus pada penyampaian benefit produk. Sehingga iklan tersebut mungkin sukses menarik perhatian tetapi gagal mengkonsumsikan benefit produk kepada konsumen. Iklan uang menyesatkan juga dapat digolongkan sebagai hambatan dalam proses ecording karena dari awal tidak meberikan gambaran yang sebenarnya terhadap benefit suatu produk.
• Hambatan dalam Proses Decoding
- Buruknya konsep produk dan kegagalan dalam mengembangkan pesan iklan yang televan dengan kebutuhan konsumen bisa menimbulkan hambatan proses decoding. Konsumen pada umumnya mengabaikan pesan yang tidak menarik minat mereka. Konsumen juga akan menolak pesan apabila pesan dirasa tidak menarik dan tidak kredibel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar