Jumat, 06 Mei 2011

KOMUNIKASI PEMASARAN

Oleh : Aditya I (10311352)

PENGERTIAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Komunikasi pemasaran adalah salah satu kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen atau menyebarkan informasi tentang produk yang diproduksi perusahaan.
Agar komuniskasi pemasaran efektif, perlu adanya :
a. Penetapan tujuan dan respons komunikasi
b. Penentuan sasaran komunikasi
c. Rancangan pesan dan media komunikasi
d. Pengembangan promotional campuran
e. Penyusunan anggaran
f. Evaluasi dan pengendalian komunikasi

TUJUAN KOMUNIKASI
a. Komunikasi informatif
Komunikasi informatif adalah komunikasi yang bertujuan untuk menyebarkan informasi.
b. Komunikasi persuasif
Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi untuk melakukan pembeli atau menarik konsumen pesaing untuk beralih merk.
c. Komunikasi mengingatkan kembali
Komunikasi mengingatkan kembali adalah komunikasi yang bertujuan untuk mengingatkan konsumen untuk melakukan membeli lagi produk yang dijual.

MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN
a. Iklan
Iklan adalah salah satu cara komunikasi pemasaran yang efektif karena dapat menjangkau masyarakat luas.
b. Promosi penjualan
Cara komunikasi dengan promosi adalah cara yang komunikatif karena mampu menciptakan respon dari masyarakat terhadap perusahaan.
c. Relasi Publik
Relasi publik diperlukan untuk membantu promosi penjualan agar masyarakat dapat mengerti akan produk perusahaan.
d. Penjualan Personal
Komunikasi pemasaran ini bersifat personal sehingga responsif terhadap perilaku konsumen dan dapat membina hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen.
e. Identitas produk
Identitas produk sangatlah penting karena atribut produk mampu menciptakan simbol-simbol yang diharapkan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar