Minggu, 01 Mei 2011

PENGEMBANGAN MANAJEMEN SDM

oleh Wilma Raahauge (10311332)

Manajemen SDM adalah sebuah rangkaian kegiatan pengaturan dan pengelolaan karyawan dalam suatu organisasi sehingga dapat terlaksana dengan baik untuk mencapai tujuan organisasi.




Faktor manusia menjadi bagian penting dalam perusahaan karena pengelolaan karyawan yang baik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas di satu sisi dan daya saing perusahaan di sisi lain.

Tujuan manajemen SDM :
  1. Tujuan Organisasional
  2. Tujuan Fungsional
  3. Tujuan Sosial
  4. Tujuam Personal

Faktor Pendorong Pembentukan Integrasi yang Efektif
  1. Lingkungan
  2. Sejarah dan kultur organisasi
  3. Struktur
  4. Ketrampilan dan nilai yg dimiliki karyawan
  5. Sistem manajemen
  6. Sistem Komunikasi
Menurut Nkomo (1980) evolusi manajemen SDM melewait tiga tahap, yaitu ; 

1. Defenisi Stage :  Yaitu ketika manajer personalia menyelenggarakan programprogaram yang kurang memberikan manfaat untuk kengurangi kekacauan karyawan
dan kemungkinan perpecahan.
2. Perencanaan Manpower  : dalam tahap ini digunakan kebutuhan pekerja dan
perekrutan seleksik, training untuk menjamin terpenuhinya target manpower.
3. Manajemen SDM Strategis Ketika manajer SDM seharusnya lebih proaktif dalam
memecahakan masalah manajemen perusahaan dan dalam  memberikan kontribusi
efektivitas organisasional yang lebih besar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar