Sabtu, 30 April 2011

STRATEGI PENGEMBANGAN MANAJEMEN


Pengembangan SDM ( Sumber Daya Manusia ) dapat didefinisikan sebagai usaha yang terencana dari organisasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan pegawainya.
Dalam upaya untuk mengembangkan SDM, manajemen organisasi harus melakukan berbagai perubahan fundamental terhadap kebijakan-kebijakan dan praktik-praktik konvensional. Skinner (1981) menyarankan 3 perubahan (yang sangat relevan bagi organisasi-organisasi di Indonesia, diantaranya:
  1. Manajemen perlu mengubah mindset atau cara pandang terhadap ’MSDM’, “membuang” yang keliru dibenak mereka.
  2. Manajemen dapat mulai untuk meningkatkan kinerja SDM dengan melakukan kegiatan-kegiatan MSDM ‘dasar’secara lebih baik ( doing the basics better)
  3. Menajemen perlu menetapkan horizon waktu tujuh taun untuk perencanaan dan operasi SDM.
Dengan mempunyai horizon jangka waktu yang panjang, manajemen mengembangkan filosofi, menetapkan sasaran dan merumuskan strategi untuk mencapai sasaran tersebut dengan hasil yang semaksimal mungkin. Selanjutnya manajemen perlu membuat suatu program jangka panjang untuk mengembangkan manajer-manajer umum dengan berbagai ketrampilan dan pengalaman MSDM.
Akhirnya apabila kita benar-benar percaya bahwa lingkungan bisnis selalu berubah secara dramatis, dan bahwa kekuatan-kekuatan yang mendasari perubahan-perubaan tersebut sebagian besar diluar kendali kita, dan sudah waktunya bagi manajemen untuk mengubah sikap lamanya yang kaku dan kurang fleksibel. Karena manajemen perlu fleksibel untuk menerima gagasan-gagasan baru, meskipun saat ini mungkin belum sejalan atau kurang pas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar