Sabtu, 30 April 2011

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Oleh : Aditya I

Sumber Daya Manusia adalah faktor penting pendukung suksesnya sebuah organisasi. Di dalam sebuah perusahaan, hendaknya memilih sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan berkompeten. Tak hanya itu, individu-individu tersebut juga harus dikembangkan agar tujuan sebuah perusahaan atau organisasi dapat tercapai.
Pengembangan Sumber Daya Manusia ada tiga tahap, yaitu identifikasi kebutuhan pengembangan, training, dan monitiring serta evaluasi.
Tahap pertama dilakukan dengan identifikasi kebutuhan pengembangan. Di tahapan ini, individu/karyawan dicarikan proses pengembangan apa yang cocok untuk lebih mengembangkan potensinya.
Selanjutnya dilakukan training. Training tidak harus dilakukan di dalam kelas. Untuk menghindari kejenuhan, ada beberapa alternatif untuk melakukan training, yaitu :
1. mentoring (karyawan yang dianggap senior dan memiliki keahlian khusus menjadi mentor bagi sejumlah karyawan lainnya)
2. project/special assignment (penugasan khusus untuk menambah job exposure)
3. Job enrichmnet (memperkaya bobot pekerjaan)
4. On-the-job training.
Tahapan yang ketiga, monitoring dan evaluasi. Dalam setiap proses pengembangan sumber daya manusia harus dilakukan mentoring agar sesuai rencana. Dan di akhir proses juga dilakukan evaluasi agar dapat mengetahui peningkatan kinerja dan dampak terhadap perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar